Jombang Punya Bendung Karet Pertama di Indonesia, Terletak di Jatimlerek dan Menturus, Simak Sejarahnya

- 18 Juni 2021, 09:00 WIB
Bendungan Jatimlerek. Kabupaten Jombang mempunyai bendung karet pertama di Indonesia, tepatnya di Jatimlerek dan Menturus
Bendungan Jatimlerek. Kabupaten Jombang mempunyai bendung karet pertama di Indonesia, tepatnya di Jatimlerek dan Menturus /Antara Foto/Syaiful Arif

JOMBANG UPDATE - Sejarah Kabupaten Jombang selalu menarik untuk dikulik. Banyak peninggalan sejarah yang menjadi bukti eksistensi Kota Santri, diantaranya bendungan karet Jatimlerek dan Menturus.

Bendungan karet berfungsi mengatur derasnya aliran sungai, namun siapa sangka Kabupaten Jombang memiliki bendungan karet pertama di Indonesia.

Bagaimana sejarah pendung karet pertama di Indonesia bisa berada di Kabupaten Jombang tepatnya di Jatimlerek dan Menturus? Yuk simak ulasannya.

Baca Juga: Ning Ema dan Gus Aidil Mangkir di Sidang Perdana, Kuasa Hukum Anggota DPR RI dari Jombang Tak Beberkan Alasan

Baca Juga: Sejarah Singkat Kabupaten Jombang dari Masa Kerajaan sampai Kemerdekaan (BAGIAN 1)

Bendung Karet Pertama di Indonesia Ada di Jombang

Hari Jum’at pagi, tanggal 27 November 1992, sekitar 29 tahun yang lalu menjadi hari yang bersejarah bagi Kabupaten Jombang.

Bagaimana tidak? Wakil Presiden Republik Indonesia ke-5, Sudharmono, S.H., meresmikan Bendung Karet (Rubber Dam) yang pertama di Indonesia.

Bendung itu berada di dua desa, tepatnya di Desa Jatimlerek Kecamatan Plandaan dan Desa Menturus Kecamatan Kabuh (sekarang Kudu) Kabupaten Jombang.

Halaman:

Editor: Apriani Alva

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah