Ciptakan Ruang Digital Beretika, KPU Sebut Kolaborasi dengan Media Seperti PRMN Dibutuhkan

- 1 Agustus 2022, 20:32 WIB
PRMN melakukan pertemuan dengan pimpinan KPU, Kamis, 28 Juli 2022.
PRMN melakukan pertemuan dengan pimpinan KPU, Kamis, 28 Juli 2022. /Dok PRMN

JOMBANG UPDATE - Audiensi Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) diterima dengan baik oleh Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung KPU RI, Jakarta, pada Kamis, 28 Juli 2022.

Perwakilan KPU RI, Anggota KPU Yulianto Sudrajat dan August Mellasz menyambut baik audiensi PRMN.

Terlebih, Yulianto menyebut jika media sebagai arus utama dan jaringannya dapat mengimbangi berita yang diproduksi di media sosial, khsusunya untuk menangkal hoaks serta konten negatif.

Seperti yang dikatakan Yulianto, Indonesia bisa belajar dari maraknya informasi dan berita tanpa verifikasi yang meliputi ujaran kebencian, SARA, dan hoaks di media sosial pada Pemilu 2019 lalu.

Baca Juga: Pimred Kabar Tegal Dilaporkan Hilang, Polda Jateng Telusuri Keberadaan Sandy

Baca Juga: PRMN Jadi Mitra Kampus Merdeka, Mahasiswa Bisa Magang Sebagai Content Creator di Pikiran-rakyat.com

"Saat ini siapa pun bisa memproduksi berita atau postingan dan menyebarkannya tanpa verifikasi ke semua medsos," ujar Yulianto, dikutip JOMBANG UPDATE dari PikiranRakyat.com dengan judul artikel "Bertemu Pimpinan KPU, PRMN Tekankan Pentingnya Keikutsertaan Pemilih Muda di Pemilu 2024".

Hal tersebut, kata dia, sulit untuk dicegah sehingga dibutuhkan kolaborasi dengan media arus utama untuk menjernihkan informasi.

Sementara gelombang informasi yang dikotori hoaks dan konten negatif merusak pikiran banyak orang, menimbulkan efek merusak yang luar biasa di dunia nyata.

Halaman:

Editor: Anggita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub