Muncul Benjolan di Leher? Awas, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

- 27 Mei 2024, 19:13 WIB
Bahaya munculnya benjolan di leher
Bahaya munculnya benjolan di leher /

JOMBANG UPDATE - Benjolan di leher adalah hal yang sering terjadi sehingga seringkali dianggap remeh. Benjolan leher ada yang terasa sakit ketika dipegang atau ketika digunakan untuk menoleh. Namun, ada juga bennjolan yang tidak sakit sama sekali.

Terkait ciri fiiknya, ada benjolan yang terasa berair ketika dipedang dan ada pula yang terasa keras.

Benjolan di leher umunya bukanlah penyakit berbahaya. Namun, jika benjolan terjadi berulang–ulang atau tak kunjung sembuh, Anda perlu memeriksakannya karena bisa jadi benjolan tersebut merupakan tanda penyakit serius.

Baca Juga: Jangan Kaget, Inilah 5 Perubahan Unik Pada Payudara yang Terjadi Saat Hamil

Penyakit Serius yang Ditandai Dengan Adanya Benjolan di Leher

1. Pembengkakan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid merupakan kelnjar yang terletak pada leher bagian depan. Kelenjar ini akan bergerak naik dan turun ketika menelan.

Gangguan pada kelenjar tiroid dapat ditandai dengan pembengkanakan pada leher (gondok). Namun, ada kalanya pemengkakan pada leer juga disebabkan oleh kurang atau terlalu aktifnya kelenjar.

2. Pembengkakan kelenjar getah bening

Pembengkakan kelenjar benging juga bisa ditandai dengan benjolan di leher. Benjolan semacam ini merupakan reaksi alami tubuh untuk melawan TBC dan infeksi. Benjolan biasanya akan mengempes ketika tubur berangsur sehat.

3 Kista

Cobalah untuk meraba dan sedikit menekan benjolan. Jika benjolan terasa bergerak dibawah kulit dan memiliki ukuran tak terllau besar, Anda perlu curiga bahwa benjolan tersebut adalah kista jinak.

Baca Juga: 8 Cara Ampuh Atasi Nyeri Haid dalam Sekejap, Segera Lakukan Ini!

Halaman:

Editor: Mochamad Ansori Yulloh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah